Friday, March 11, 2016

Update Maret 2016


Beberapa saat yang lalu ada orang bertanya padaku, punya blog kah? dan sedikit terpaksa aku menjawab ada tapi ga aktif lagi menulis, tak ada update yang cukup berarti. Karena toh juga tulisanku di blog ini sangat pendek-pendek, singkat bahkan seolah mendatar begitu saja. dan kemudian orang ini kembali berbicara, cobalah menantang dirimu sendiri, dalam suatu kurun waktu dan jumlah kata yang harus ditulis, sehingga bisa membuat menulis menjadi sebuah rutinitas dalam hari-hariku.
Hingga malam tadi ada yang memintaku menulis 1500 kata untuk artikelnya, dan ternyata aku mampu mengerjakannya kurang dari semalam, meskipun aku tahu sangatlah jauh dari sempurna. Sehingga kemudian pagi ini aku diingatkan kembali bahwa menulis adalah skill, ketrampilan yang akan menjadi semakin baik saat semakin sering diasah, hal yang sederhana. Meskipun aku tahu mendisiplinkan diri untuk terus rutin tidaklah sesederhana diucapkan.

Dan pagi ini aku mencoba membaca beberapa literatur tentang tulis menulis, dan kembali diingatkan pula bahwa memiliki pengetahun tentang teori yang bertele-tele, tidak lantas kemudian membuat orang mahir. Praktek langsung menulis yang justru akan membuat orang semakin mahir, meskipun tanpa pengetahuan yang cukup memadai. Hal yang dengan jelas hari-hari ini bisa dilihat pada banyak penulis muda yang kelihatan berbakat dan memiliki banyak fans namun seringkali tidak bijaksana dalam tulisan-tulisannya.

Selanjutnya tulisan ini aku buat, sebagai tahapan pertama dari usahaku menulis, perkara yang tidak mudah, komitmen untuk mendisiplinkan diri dalam berberapa waktu ke depan. Namun aku belum berani menetapkan target berapa kata yang harus aku tuliskan, yang penting sudah sedikit lebih panjang dari apa yang biasa aku lakukan di blog ini. 200an untuk awalnya dan semoga semakin berkembang di waktu-waktu yang akan datang.

Tungkak, 11 Maret 2016